Rabu, 09 November 2011

Android 4.0 Dukung Chip 32-bit

Android 4.0 Dukung Chip 32-bit



Sistem operasi Android dibangun atas dasar open-source dan memungkinkan untuk bebas dikembangan dan digunakan pada berbagai piranti. Di saat sebagian besar smartphone dan tablet berbasis Android menggunakan prosesor berbasis ARM, Android juga digunakan pada chip MIPS serta prosesor Intel.

Namun hingga sekarang, Android memang lebih dioptimalkan bagi prosesor ARM. Ketika dibandingkan menggunakan peranti lain, kinerja atau kompatibilitas tidak sebaik menggunakan prosesor ARM.

Contohnya beberapa Android apps tidak berjalan sempurna pada peranti berbasis MIPS, begitu pula dengan peranti berbasis prosesor Intel tidak bisa dimanfaatkan secara optimal.

Namun semua itu berubah dengan adanya Android 4.0 (Ice Cream Sandwich). Juru bicara Intel mengatakan bahwa Android 4.0 telah menyertakan feature optimalisasi untuk chip 32-bit. Hal ini memang bisa ditebak sebelumnya saat beberapa bulan yang lalu, Google dan Intel mengumumkan bahwa pengoptimalan peranti terhadap Android akan segera diluncurkan.

Chip Intel sendiri masih terus mencoba segala kemungkinan untuk terus mengembangkan prosesor 32-bit nya agar bisa berjalan maksimal pada Android. Intel memang telah berencana akan menghadirkan smartphone di 2012 nanti.

Yang menarik, awal kehadiran Android ditujukan sebagai sistem operasi smartphone, namun saat ini menambahkan dukungan terhadap prosesor Intel. Sementara itu Microsoft juga sedang mengembangkan Windows 8 yang mendukung prosesor ARM. Jadi jangan heran jika suatu saat nanti smartphone menggunakan chip Intel dan notebook akan menggunakan prosesor Qualcomm atau NVIDIA.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar