Rabu, 09 November 2011

Nook Tablet Saingi Kindle Fire



Nook Tablet Saingi Kindle Fire



Pada 28 September lalu, Amazon menggoyang pasar tablet dengan meluncurkan e-reader Kindle Fire seharga $199. Kindle Fire bukan sekedar ebook reader, peranti bersistem operasi Android ini dapat dipasangi dengan aplikasi-aplikasi seperti tablet Android lainnya.

Kemarin, Barnes & Noble (BN) pun menjawab gebrakan Amazon dengan meluncurkan Nook Tablet seharga $249. Nook Tablet sedikit lebih mahal daripada Kindle Fire tetapi menggunakan RAM dan memori yang lebih besar, yaitu RAM 1GB (Kindel Fire 512MB), dan penyimpanan 16GB (dua kali dari Kindle Fire). Tersedia pula slot kartu SD untuk meningkatkan kapasitas penyimpanan hingga 32MB (Kindle Fire tidak memiliki fitur ini). Nook Tablet menggunakan prosesor Texas Instruments dual-core 1GHz.

Seperti juga Kindle Fire, Nook Tablet hanya memiliki koneksi Wi-Fi untuk akses Web dan konten lainnya melalui Internet. Keduanya tidak difasilitasi dengan Bluetooth maupun 3G. Lebar layar Nook Tablet 7 inci berwarna dengan resolusi 1.024x600 pixel yang diklaim memiliki viewing angle 89 persen. Umur baterainya kata pihak BN bisa sampai 11 jam untuk baca ebook atau 9 jam untuk memutar video, semua ini dengan Wi-Fi dimatikan.

Nook Tablet yang menjalankan Android 2.3 (Gingerbread) yang di-customize sudah dipasangi dengan aplikasi yang berkaitan dengan layanan video dan musik dari pihak ketiga yaitu Netflix, Hulu Plus, dan Pandora. Email dan browser Web yang mendukung Flash, termasuk juga aplikasi untuk mengakses e-book store juga sudah dipasang di dalamnya. Aplikasi Nook Newsstand untuk mengakses majalah serta koran menawarkan langganan media digital dari 250 publikasi, termasuk 100 majalah terkemuka.

Bersamaan dengan itu BN juga mengumumkan penurunan harga Nook Color yang diluncurkan tahun lalu, yaitu dari $249 menjadi $199. Selain itu BN juga menurunkan e-ink reader Simple Touch dari $139 menjadi $99. Simple Touch yang baru memiliki umur baterai lebih lama, pembukaan halaman buku lebih cepat 25 persen, dan font rendering lebih baik sehingga tampilan teks lebih jelas. Untuk pengguna yang sudah membeli Simple Touch sebelumnya, dapat update software untuk meningkatkan kinerjanya.

Nook Tablet mulai tersedia tanggal 17 November 2011.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar